SUARA INDONESIA GRESIK

BPJS Ketenagakerjaan Bersama Pemkab Gresik Launching Kampanye KKBC di Pelosok

Redaksi - 07 July 2023 | 07:07 - Dibaca 1.32k kali
Peristiwa Daerah BPJS Ketenagakerjaan Bersama Pemkab Gresik Launching Kampanye KKBC di Pelosok
BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Gresik saat launching Kampanye KKBC di Desa Wedani, Cerme, Gresik (Foto : BPJS Ketenagakerjaan)

GRESIK, Suaraindonesia.co.id - BPJS Ketenagakerjaan menargetkan di tahun 2026 mampu melindungi 70 juta pekerja, sementara saat ini angka peserta aktif baru mencapai 38 juta pekerja. 

Untuk mencapai target itu, BPJS Ketenagakerjaan kembali menghadirkan gebrakan baru lewat sosialisasi masif di seluruh desa di penjuru tanah air, dengan mengusung kampanye "Kerja Keras Bebas Cemas" atau disingkat KKBC.

Cara ini dinilai tepat karena ekosistem desa menyimpan potensi jutaan pekerja di sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) yang mayoritas belum memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Launching Kampanye KKBC ini dilakukan serentak di 11 wilayah di seluruh Indonesia yang terhubung langsung melalui zoom bersama Dirut BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo di Kantor Pusat, Kamis (06/07/2023).

Di wilayah Jawa Timur, Launching Kampanye KKBC digelar di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Kegiatan ini dihadiri Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Hadi Purnomo, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gresik Edy Hadisiswoyo yang mewakili Bupati Gresik.

Disamping itu hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik Abu Hassan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Gresik Andhy Hendro Wijaya, Asisten Deputi Wilayah Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Arie Fianto Sofyan, dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gresik Bunyamin Najmi.

Selain mereka tampak pula Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gresik Driyorejo Herry Yudisthira, Kepala Kantor Pos Gresik Maestro Yunan, Camat Cerme Umar Hasyim, dan Kepala Desa Wedani Hadi Sanjaya. Acara ini juga diikuti sekitar 100 pekerja rentan desa bersama Agen Pos, Petugas Agen Brilink dan Petugas Bank BNI yang juga sebagai Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan.

Launching Kampanye KKBC ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Hadi Purnomo dan para pejabat yang hadir. Setelah itu dilanjutkan talkshow dengan narasumber Hadi Purnomo dan Kadis PMD Gresik Abu Hassan, yang masing-masing memaparkan program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan serta tanggapan Pemerintah Kabupaten Gresik terkait Program BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak hanya itu, acara ini juga disertai dengan penyerahan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi ahli waris peserta yang meninggal dunia. Yang pertama kepada ahli waris almarhum Wiji Harto, pekerja rentan Desa Mojosari, Driyorejo, yang juga sebagai Ketua RT/RW Driyorejo. Dua santunan Jaminan Kematian (JKM) yang diserahkan simbolis sejumlah Rp. 84.000.000,-.

Dan yang kedua, santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Meninggal atas nama almarhum Muarif, pekerja rentan Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Gresik. 

Santunan yang diserahkan, selain JKK Meninggal sebesar Rp. 48.000.000,-, juga beasiswa anak kesatu Rp. 24.000.000,-, dan anak kedua Rp. 71.000.000,-, disamping bea perawatan dan pengobatan yang sudah dibayarkan sebelumnya sejumlah Rp. 91.201.524,-, sehingga total Rp. 256.210.524,-. Pedagang gado-gado ini saat berangkat jualan menabrak mobil yang berhenti mendadak.

Hadi Purnomo menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan saat ini tengah fokus menggarap sektor BPU di mana sebagian besar berada di ekosistem desa. Dengan iuran mulai dari Rp. 16.800,- per bulan, para pekerja BPU akan mendapatkan perlindungan program JKK dan JKM.

Jika dibanding dengan iurannya, terang Hadi, manfaat yang didapatkan jauh lebih besar, yaitu perawatan tanpa batas biaya, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan, santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), santunan cacat total tetap, dan layanan homecare.

Sedangkan jika peserta meninggal bukan karena kecelakaan kerja, ahli warisnya akan mendapatkan santunan sebesar Rp. 42.000.000,- serta beasiswa pendidikan untuk dua orang anak dari jenjang TK hingga perguruan tinggi, maksimal Rp. 174.000.000,-.

Ditambahkan, pekerja BPU juga juga bisa mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan menambah iuran minimal Rp. 20.000,- per bulan, sehingga menjadi Rp. 36.800,- per bulan. Program JHT ini sifatnya tabungan, dan manfaatnya untuk persiapan hari tua sejahtera, sehingga meski sudah tidak bekerja dapat tetap hidup dengan layak. 

Hadi juga menyampaikan, BPJS Ketenagakerjaan memberikan beragam pilihan kanal pendaftaran dan pembayaran iuran yang mudah dijangkau oleh para pekerja di desa, di antaranya melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), Kantor Cabang, Agen Perisai dan Perbankan, Kantor Pos, Pegadaian, dan lain sebagainya. 

Terakhir dia mengatakan, dengan semakin banyak masyarakat desa yang teredukasi akan semakin banyak pula yang mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sehingga universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan bisa segera terwujud. 

Kepala Dinas PMD Gresik Abu Hasan menegaskan, Bupati beserta seluruh jajaran Pemkab Gresik sangat support program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Diutarakannya, sebanyak 330 desa se-Kabupaten Gresik masing-masing telah mendaftarkan 100 pekerja rentan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu semua Ketua RT/RW se-Kabupaten Gresik juga sudah terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan. Dan kedepan, Pemkab Gresik juga akan mendaftarkan perangkat RT/RW, Kader PKK, petugas Posyandu dan yang lain. 

Kepala Disnaker Gresik Andhy Hendro Wijaya pun menyampaikan, untuk menambah angka pekerja rentan terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan, Disnaker Gresik akan mendorong perusahaan-perusahaan di Gresik untuk menyalurkan CSR-nya buat perlindungan pekerja rentan. 

"Harapannya, semakin banyak pekerja rentan di Gresik terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan," pinta Andhy. 

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gresik Bunyamin Najmi mengatakan, launching Kampanye Kerja Keras Bebas Cemas ini diharapkan mampu menambah jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terutama bagi segmen BPU dan yang berada di desa- desa. 

Bunyamin juga berharap support Pemkab Gresik yang sudah cukup baik selama ini akan terus lebih baik lagi. 

"Keberhasilan mewujudkan program "1 desa 100 pekerja rentan terlindungi" tak lepas dari support Pemkab Gresik yang memang sangat peduli atas kesejahteraan masyarakat," tuturnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya