SUARA INDONESIA GRESIK

Dinkes Gresik Dukung Wartawan PWI Gresik Vaksinasi Gelombang Kedua

Syaifuddin Anam - 16 February 2021 | 19:02 - Dibaca 1.14k kali
Kesehatan Dinkes Gresik Dukung Wartawan PWI Gresik Vaksinasi Gelombang Kedua
Kadinkes Gresik Saifudin Ghozali pemaparan persiapan vaksinasi tahap dua didampingi Ketua HPN PWI Gresik, Abdul Malik

GRESIK - Vaksinasi gelombang kedua di Gresik dengan sasaran pelayan publik ini bakal dilaksanakan akhir Maret atau awal April mendatang. Dinas Kesehatan mulai melakukan sosialisasi. Salah satunya kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik.

Sosialisasi itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan drg Saifudin Ghozali di Sekretariat PWI Gresik. Ghozali mengatakan, vaksinasi di Gresik termasuk satu langkah di depan. Yakni dengan adanya anggota PWI yang sudah dilakukan vaksinasi pada 9 Februari kemarin.

"Pada gelombang kedua ini anggota PWI Gresik akan divaksinasi bersamaan dengan TNI-Polri," ucapnya.

Vaksinasi bagi wartawan anggota PWI Gresik ini akan dimulai secepatnya. Namun pihak PWI Gresik harus mengumpulkan sejumlah berkas untuk registrasi terlebih dahulu.

Mantan Kepala Puskesmas Bungah itu sudah memetakan untuk program percepatan vaksinasi. Dari ratusan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Gresik baru difungsikan untuk pelayanan vaksinasi sebanyak 56 fasyankes.

Dari jumlah itu untuk menyelesaikan vaksinasi covid-19 sebanyak 70 persen jumlah penduduk akan sangat kwalahan. Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah pelayanan vaksinasi menjadi 100 hingga 200 fasyankes.

Dokter lulusan Universitas Airlangga itu sudah mendapat intruksi dari Bupati terpilih Fandi Akhmad Yani. Penambahan 100 hingga 200 fasyankes ini akan masuk dalam 100 hari kerja pasangan NIAT. Tidak hanya fasyankes, tapi juga penambahan vaksinator dari 402 menjadi 1.000.

Untuk mendukung percepatan vaksinasi covid-19, Ghozali berharap kepada seluruh elemen untuk mengedukasi. Termasuk adanya influencer dari wartawan yang sudah divaksinasi.

Ketersediaan vaksin di Gresik tinggal sedikit. Sebab, distribusi vaksin dari Pemprov Jatim ke Gresik sampai hari ini baru 12.200 dosis. Jumlah itu sudah disuntikan kepada 6.147 tenaga kesehatan (nakes) di tahap 1 dan 4.054 nakes tahap kedua.

Ghozali memperkirakan 22 Februari nanti akan kembali dikirim dari Pemprov Jatim. Vaksin gelombang kedua tahap 1 kemungkinan dikirim 2 ribu, dan bertahap hingga seperti yang telah ajukan.

"Saat ini kami juga masih menunggu cool room untuk menyimpan vaksin di Posko Vaksinasi Puskesmas Alun-alun. Kalau lemari penyimpan itu sudah datang kami siap kedatangan vaksin yang lebih banyak," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya