SUARA INDONESIA GRESIK

Tentukan Idul Fitri, LF PCNU Gresik Pantau Hilal di Bukit Condrodipo

Syaifuddin Anam - 11 May 2021 | 12:05 - Dibaca 1.28k kali
Peristiwa Daerah Tentukan Idul Fitri, LF PCNU Gresik Pantau Hilal di Bukit Condrodipo
Pemantauan hilal di Bukit Condrodipo

GRESIK - Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (LF PCNU) Gresik, kembali menggelar pemantauan hilal untuk menetapkan 1 Syawal 1442 H atau penanda hari raya Idul Fitri pada hari ini di Bukit Condrodipo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Selasa (11/5/2021)

Humas LF PCNU Gresik Angga Purwancara mengatakan, prosesi pemantauan hilal yang digelar dengan prokes covid-19 ini akan dipimpin oleh Dewan Pakar LF PCNU Gresik, KH Abdul Muid.

"Nanti sore, seperti biasa akan dipimpin oleh Gus Muid," kata Angga sapaan akrabnya.

Pemantauan hilal, lanjut dia, dimulai sejak pukul 15.00 WIB hingga selesai, seluruh tahapan prosesi observasi itu juga disiarkan secara langsung oleh Televisi swasta lokal dan nasional.

"Mulainya jam 3 sore, tapi jam kritisnya adalah mendekati waktu maghrib," terangnya singkat.

Wakil Ketua LF PCNU Gresik, Muchyiddin Hasan mengatakan, sejumlah pejabat tinggi pemerintah daerah Kabupaten Gresik diundang dalam pemantauan hilal kali ini. Selama berlangsung acara, panitia menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat bagi seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir karena saat ini masih dalam kondisi Covid-19.

"Bupati, Wakil Bupati, Kemenag, Pengadilan Agama," kata Muchyiddin saat ditanya terkait siapa saja yang diundang hadir dalam acara tersebut.

Sementara tahapan penyelenggaraan pemantauan hilal untuk menetapkan 1 Syawal 1442 H, tidak jauh berbeda dengan penetapan 1 Ramadhan lalu. Sebelum dilakukan sidang isbat, sesi pertama akan diisi pemaparan posisi hilal awal bulan oleh Dewan Pakar.

"Tahapannya sama, di hisab dengan beberapa metode hisab dulu," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya