SUARA INDONESIA GRESIK

Belajar Tatap Muka Dihentikan, Siswa di Gresik Belajar jadi Pengusaha

Syaifuddin Anam - 03 February 2021 | 11:02 - Dibaca 889 kali
Pendidikan Belajar Tatap Muka Dihentikan, Siswa di Gresik Belajar jadi Pengusaha
Siswa belajar menjadi pengusaha di lokasi produksi Roti Family Bakery

GRESIK - Proses belajar mengajar tatap muka dihentikan, namun para Siswa SD di Gresik ini, justru berinovasi belajar menjadi pengusaha dengan langsung di lokasi usaha, serta disiarkan langsung melalui aplikasi zoom.

Mereka adalah siswa SD YIMI FullDay School melakukan belajar langsung di rumah produksi roti Family Bakery di perbatasan Gresik dan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Selain dilakukan 3 pelajar di lokasi usaha, pembelajaran bernama environment learning ini juga diikuti seluruh pelajar kelas 2, yang dilakukan secara daring via Aplikasi Zoom.

Para siswa ini bisa belajar mulai dari proses awal pembuatan berbagai jenis roti dengan para pekerja Family Bakery, hingga proses akhir memasukkan roti hasil buatan siswa ke mesin oven. Para siswa yang dilokasi dan yang mengikuti via zoom juga diajarkan untuk aktif bertanya, agar proses yang dilakukan bisa sesuai dengan standar pembuatan roti.

Para siswa yang ikut mengaku senang dan bisa menikmati proses belajar pembuatan roti. "Senang bisa ikut membuat roti mulai dari awal hingga bisa dimakan," ujar salah satu siswa Alya Habibah Azzahra, Rabu (3/2/2021).

Namun dirinya juga mengaku kangen belajar bersama teman-temannya, serta berharap covid 19 bisa segera sirna. "Semoga bisa bertemu dan beljar lagi dengan teman-teman," tambahnya.  

Arofah meilia andrianti, salah satu guru pembimbing mengatakan, meski ditengah pandemi covid 19, proses belajar mengajar di sekolah tidak terhenti. Bahkan mencari inovasi agar siswa tetap bisa senang dan semangat dalam belajar via daring.

"Seperti yang dilakukan saat ini, dengan mengunjungi lokasi usaha roti, untuk melatih siswa agar memahami dilapangan langsung, tidak hanya materi," ujarnya. 

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi di SD YIMI Gresik ini, terus dijalankan meski ditengah pandemi covid 19. "Seluruh siswa tetap dilibatkan mengikuti pelajar di lokasi, yang disiarkan secara langsung via aplikasi zoom. Diharapkan dengan kegiatan environmental learning ini bisa menciptakan siswa menjadi pengusaha," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya