SUARA INDONESIA GRESIK

PT Smelting Raih Penghargaan dari Bea Cukai KPPBC TMP Tanjung Perak

Syaifuddin Anam - 08 April 2021 | 21:04 - Dibaca 3.45k kali
Ekbis PT Smelting Raih Penghargaan dari Bea Cukai KPPBC TMP Tanjung Perak
Penyerahan penghargaan dari Bea Cukai KPPBC TMP Tanjung Perak kepada PT Smelting

GRESIK - PT Smelting kembali meraih penghargaan dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya.

Apresiasi tersebut diberikan atas keberhasilan PT Smelting memberikan kontribusi yang cukup besar untuk devisa ekspor.

Penghargaan itu diserahkan Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya, Aris Sudarminto kepada Gatot Budi S, dari PT Smelting di Auditorium Kantor KPPB TMP Tanjung Perak, Kamis (8/4/2021).

Penyerahan penghargaan diberikan bersamaan dengan sejumlah perusahaan lainnya di wilayah KPPB TMP Tanjung Perak. 

Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya, Aris Sudarminto mengepresiasi kinerja PT Smelting yang cukup bagus sehingga kegiatan ekspornya cukup tinggi di wilayah KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya.

Pihaknya terus memberikan support kepada PT Smelting sebagai mitra pengguna jasa kepabeanan untuk terus meningkatkan ekspornya.

"Tingginya kegiatan ekspor di masa pandemi seperti saat ini sangat membantu negara dari sektor pendapatan. Ini sejalan dengan semangat pemerintah yang mendorong industri di Tanah Air agar meningkatkan kegiatan ekspor. Sebab peningkatan ini memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan negara," kata Aris Sudarminto.

Bea Cukai, lanjut Aris Sudarminto, memberikan ruang dan pelayanan yang maksimal kepada seluruh mitra pengguna jasa kepabeanan.

Dengan demikian, perusahaan yang berorientasi ekspor semakin meningkat kinerjanya dan pada akhirnya akan berdampak positif bagi penerimaan pajak negara. 

Sementara Direktur PT Smelting, Irjuniawan P Radjamin menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada industrinya.

Sejak terbentuk Kawasan Berikat dan beroperasi pada Mei 2019, PT Smeting terus meningkatkan sistem pemantauan inventori. Sistem ini distandarkan oleh Bea Cukai dan berbasis IT yang bisa diakses oleh Kantor Bea Cukai.

"Kami menyediakan sarana kantor Kawasan Berikat yang memadai dan nyaman untuk petugas Bea Cukai. Kantor itu dilengkapi dengan sistem komputer jaringan Internet untuk pertukaran data," jelas Irjuniawan yang akrab dipanggil Wawan ini.

Upaya lainnya, imbuh dia, adalah dengan membangun sistem pemantauan CCTV sebanyak 38 point. Sistem pemantauan CCTV ini bisa diakses oleh petugas Bea Cukai mulai dari pintu pemasukan raw material, pelabuhan, intermediate proses, barang jadi, pintu keluar barang.

"Kami bersyukur diberi penghargaan oleh KPPB TMP Tanjung Perak Surabaya. Tahun ini kami juga menerima penghargaan Best of the Best dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Gresik. Penghargaan diberikan atas upaya kami yang menyediakan sarana dan prasarana kantor hanggar Kawasan Berika. Terima kasih atas penghargaan yang sudah diberikan kepada kami," pungkas Irjuniawan P Radjamin. 

Pada bagian lain, dalam kegiatan Bea Cukai Award ini juga diadakan survei kepuasan pengguna jasa Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Tahun 2021.

Pengisian survei dilakukan secara online dan terbuka. Pengisian survei dipandu oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP Tanjung Perak, Sulaiman. 

"Pengisian survei ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dan masukan para pengguna jasa," pungkas Sulaiman.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya